banner 728x250

Pokja AKI AKB Gelar Posyandu Remaja Berbasis Sekolah

banner 120x600
banner 468x60

Bulukumba, Nuansa Sulsel- Kelompok Kerja (Pokja) Percepatan Penurunan Angka Kematian Ibu dan Angka Kematian Bayi (AKI AKB) melaksanakan kegiatan Posyandu Remaja berbasis Sekolah di SMA Negeri 14 Bulukumba yang terletak di Desa Salassae, Kecamatan Bulukumpa, Senin, 17 April 2023.

Kegiatan Posyandu Remaja ini diinisiasi oleh Pimpinan Daerah Nasyiatul Aisyiyah Kabupaten Bulukumba yang merupakan anggota Pokja III Percepatan Penurunan AKI dan AKB Bulukumba.

banner 325x300

Ketua Pimpinan Daerah Nasyiatul Aisyiyah, Satnawati, menyampaikan kondisi pernikahan anak masih kerap terjadi, begitu pula terjadinya kasus AKI dan AKB. Bahkan baru-baru ini terjadi kasih ibu usia 18 tahun meninggal bersama bayi dalam kandungannya karena kasus keracunan kehamilan.

Satnawati mengutarakan bahwa kegiatan Posyandu Remaja ini merupakan program unggulan dari Nasyiatul Aisyiyah yang kemudian dinamai PASHMINA.

PASHMINA merupakan wadah berkumpulnya para remaja dalam mengembangkan diri, bertukar pikiran tentang kesehatan dan kesehatan reproduksi, serta konsultasi psikologi.

Dari pemetaan problem maupun kebutuhan didapati bahwa problem kesehatan reproduksi yang dialami remaja salah satunya dipicu oleh minimnya akses informasi maupun konsultasi tentang kesehatan reproduksi yang terjangkau oleh remaja.

Berdasarkan kondisi tersebut, Nasyiatul Aisyiyah, kata Satnawati berkolaborasi dengan multistakeholder yang tergabung dalam Pokja AKI AKB untuk menyediakan akses informasi dan konsultasi terkait kesehatan reproduksi di sekolah agar terjangkau secara langsung oleh para remaja.

“Layanan informasi dan konsultasi ini berbasis pos-pos yang disesuaikan dengan kebutuhan para remaja,” ungkapnya.

Lebih lanjut dikatakan pos-pos layanan dalam Posyandu Remaja terdiri dari Pos layanan Indeks Massa Tubuh (IMT) yang mendukung pertumbuhan kesehatan fisik remaja, Pos layanan pemeriksaan kadar Hemoglobin (HB), Pos konseling kesehatan reproduksi, Pos konseling sesuai kebutuhan remaja dan ada pula pembagian tablet FE dari Puskesmas Salassae serta 50 paket gizi dari BAZNAS Kabupaten Bulukumba.

“Dari hasil pelaksanaan PASHMINA, ada banyak masalah yang perlu ditindaklanjuti oleh para pemangku kebijakan, mulai dari pemerintah, petugas kesehatan dan pihak sekolah dalam memastikan kelangsungan kehidupan remaja yang tak hanya cerdas namun juga berprilaku sehat dan berakhlak baik,” pinta Satnawati.

Kepala Dinas P2KBP3A, dr. Wahyuni, dalam kesempatan yang sama, menyampaikan apresiasi terhadap pelaksanaan kegiatan Posyandu Remaja ini.

“Sangat baik karena betul-betul menjawab kebutuhan remaja akan informasi penting tentang kesehatan secara umum dan khusus kesehatan jiwa dan raga bagi remaja,” ungkapnya.

Agar generasi muda lebih maju, lanjutnya, dibutuhkan generasi muda yang berkualitas melalui peningkatan kapasitas remaja, salah satunya dalam bentuk kegiatan Posyandu remaja.

Dengan adanya kegiatan remaja atau dengan tersedianya kegiatan pada remaja diharapkan remaja mendapatkan informasi tentang kesehatan, skill dan pengembangan diri

Mantan Kadis Kesehatan ini mengungkapkan bahwa kegiatan ini juga menjadi upaya untuk mencegah Stunting serta sebagai upaya jangka panjang dalam penurunan Angka Kematian Ibu dan Angka Kematian Bayi di Kabupaten Bulukumba.

Kabid Upaya Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Masyarakat, Hj. Kasmarinda turut hadir memberikan nasehat dan semangat kepada para siswa yang menjadi sasaran edukasi dan konseling agar berupaya mempersiapkan masa depan sejak masih remaja.

Wakil Ketua Baznas, Muhammad Yusuf Shandy menyampaikan bahwa kesehatan remaja berperan penting dalam melahirkan, membina dan mewujudkan generasi emas masa datang.

Olehnya itu, Baznas Kabupaten Bulukumba selalu turut serta dalam mengampanyekan pentingnya kesehatan remaja, fisik maupun mental, termasuk dalam hal ini penanaman nilai-nilai spiritual sejak dini.

Turut hadir pula dalam kegiatan tersebut Kepala Desa Salassae, Kepala Puskesmas Salassae beserta tim, Kepala UPT SMA Negeri 14 Bulukumba, Ketua PKK Desa Salassae, Kader TALI KIA, dan Mahasiswa KKNT Universitas Muhammadiyah Bulukumba sebagai fasilitator pada kegiatan PASHMINA serta Tim Pendamping program dari USAID MOMENTUM untuk Kabupaten Bulukumba.(*)

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *