Mei 28, 2024

Jumlah Janda di Desa Talle Sinjai Meningkat, Dusun ini Terbanyak

0

 

Nuansa Sulsel, Sinjai–Angka perceraian dipengaruhi sejumlah faktor, seperti faktor ekonomi, kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) dan faktor cerai mati, serta faktor perselingkuhan dan sejumlah faktor lainnya. Hal ini menyebabkan tak sedikit warga di Indonesia berstatus duda maupun status Janda.

Seperti di Desa Talle jumlah penduduk berstatus duda maupun janda melonjak mencapai angka 626 orang. Minggu (23/4)

Jumlah duda di Desa Talle tahun 2023, berdasarkan hasil Apsen setiap Dusun, mulai dari usia muda hingga usia lapuk sebanyak 225 orang.

Jika dibandingkan jumlah duda, masih banyak Jumlah Janda di Desa Talle.

Adapun data secara terinci jumlah warga Desa Talle berstatus Janda meliputi masing-masing Dusun.

Dusun Pangisoreng sebanyak 45 orang
Dusun Sengkang sebanyak 52 orang

Dusun Batuleppa sebanyak 61 orang

Dusun Lempong Cellae sebanyak 25 orang

Dusun Campaga sebanyak 31 orang

Dusun Gareccing sebanyak 48 orang

Dusun Leppang sebanyak 66 orang

Dusun Jekka sebanyak 73 orang.(Terbanyak)

Menurut, Irwan, staf Desa Talle, data tersebut merupakan hasil evaluasi data bulan Desember tahun 2022 lalu. “Data duda digabungkan data Janda secara global sebanyak 626 orang, data ini merupakan rekapitulasi data tahun 2022- 2023. Jumlah ini sewaktu-waktu akan mengalami perubahan”, imbuhnya Minggu (23/4/2023)

Hanya saja Irwan tidak menjelaskan faktor penyebab terjadinya lonjakan angka Janda di Desa Talle.

 

Penting diketahui:

Desa Talle, Kecamatan Sinjai Selatan, berbatasan dengan Desa Bulu kamase, Desa Palae, Desa Gareccing, dan Desa Baru kecamatan Sinjai Tengah, Kabupaten Sinjai.

Desa Talle yang terdiri dari 8 Dusun dengan jumlah penduduk sebanyak 5.967 jiwa, sedang jumlah Kepala Keluarga (KK) sebanyak 1520.

Desa Talle memiliki potensial wilayah tidak jauh berbeda dengan wilayah desa pada umumnya, seperti potensial pendapatan masyarakat melalui sektor pertanian perkebunan dan persawahan juga dimiliki Desa Talle.

Kendati, Areal Perkebunan dan Persawahan di Desa Talle mencapai ratusan hektar meliputi sejumlah wilayah Dusun.

Foto sawah di Desa Talle (Doc.ist)

Selain itu, di Desa Talle juga terdapat kawasan kehutanan dengan luas mencapai ratusan hektar, terletak di Dusun Gareccing tempat kelahiran Ir. Abd Rajab.

Sejak tahun 2015 hingga kini (Periode 2022-2028) Ir. Abd Rajab memimpin Desa Talle secara resmi, berdasarkan hasil perolehan suara Rakyat, dua kali berturut-turut Ir. Abd Rajab memenangkan pesta Demokrasi (Pilkades).

Ir. Abd Rajab Kepala Desa Talle, terus melakukan inovasi demi mewujudkan kemajuan wilayah, berpusat pada kesejahteraan masyarakat.

Baru-baru ini terungkap berdasarkan data hasil wawancara tim 1 tulisan (Jurnalis-red), Kepala Desa Talle Ir Abd Rajab mengungkapkan, khusus di tahun 2023 ini, Pemerintah Desa Talle sukses merealisasikan program pembangunan infrastruktur jalan (perkerasan) di dua tempat terpisah, Dusun leppang sepanjang 500 meter di Dusun Cempaga sepanjang 800 meter, sementara di Dusun Gareccing realisasi Pembangunan talud lapangan olahraga juga berhasil rampung pada bulan Maret, demikian diutarakan Pria kelahiran 1972 ini kepada Jurnalis, sambil menambahkan jumlah Anggaran Alokasi Dana Desa, dan Dana Desa (ADD-DD) dan BPH tahun 2023 kurang lebih sebesar Rp 2.000.000.000 (Dua Miliar Rupiah).

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *