Mei 28, 2024

Bupati Andi Utta Hadiri Puncak Peringatan Otonomi Daerah di Makassar

0

 

Bulukumba,- Puncak Peringatan Hari Otonomi Daerah ke-27 Tahun 2023 digelar di anjungan Pantai Losari Kota Makassar. Ratusan kepala daerah hadir mengikuti upacara yang dipimpin langsung Mentari Dalam Negeri Tito Karnavian.

Hari Otonomi Daerah jatuh pada setiap tanggal 25 April. Hari Otonomi Daerah ini ditetapkan berdasarkan Keputusan Presiden RI Nomor 11 Tahun 1996, tanggal 25 April ditetapkan sebagai Hari Otonomi Daerah dalam rangka memasyarakatkan dan memantapkan pelaksanaan Otonomi Daerah.

Sebagai tuan rumah pelaksanaan Hari Otonomi Daerah, Kota Makassar juga merangkaikan dengan Hari Kebudayaan Kota Makassar yang diperingati setiap tanggal 1 April.

Pada peringatan ini, Pemerintah Kota Makassar menampilkan 200 orang penari yang mempertunjukkan tarian dan kesenian di atas perahu Katinting (perahu nelayan). Tidak hanya itu, Pemerintah Kota Makassar juga menyuguhkan makanan khas Makassar, Coto Makassar kepada para tamu sebagai branding Makassar Kota Makan Enak.

Andi Utta sapaan akrab Bupati hadir bersama istrinya Andi Herfida Attas yang juga menjabat Kepala Dinas Kebudayaan Kota Makassar. Pendamping bupati ini adalah sosok yang berperan dalam mempersiapkan rangkaian kegiatan peringatan Hari Otonomi Daerah dan Hari Kebudayaan Kota Makassar dengan memperkenalkan berbagai macam budaya.

Peringatan Hari Otonomi Daerah secara nasional ini adalah yang pertama kalinya diikuti oleh Bupati Andi Utta. Momentum itu, katanya menjadi refleksi bagi daerah, bagaimana memajukan daerah dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui program yang berdampak pada perbaikan ekonomi masyarakat. Tidak hanya itu, bagaimana kita berupaya agar layanan publik kepada masyarakat semakin baik, mudah dan cepat.

“Melalui momentum ini (Hari Otonomi Daerah) saya mengajak mari bersama membangun negeri, membangun daerah melalui kerja kerja yang lebih produktif dan inovatif,” pintanya.

Untuk diketahui Hari Otonomi Daerah ke 27 tahun 2023 mengambil tema Otonomi Daerah Maju- Indonesia Unggul. Pada acara tersebut tampak hadir Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo yang menerima penghargaan dari Menteri Dalam Negeri sebagai Provinsi dengan Kinerja Terbaik.

Sementara itu di halaman Kantor Bupati Bulukumba, jajaran Pemerintah Kabupaten Bulukumba bersama instansi vertikal juga melaksanakan upacara Peringatan Hari Otonomi Daerah yang dipimpin oleh Wakil Bupati Andi Edy Manaf.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *