Mei 28, 2024

Polres Bulukumba Gelar Apel Kasatkamling Tahun 2023

0

 

BULUKUMBA – Kepolisian Resor Bulukumba Polda Sulsel menggelar apel Satuan Keamanan Lingkungan (Satkamling), di lapangan apel Mapolres Bulukumba, Rabu (21/6/2023)

Apel Satkamling tersebut dipimpin oleh Waka Polres Bulukumba KOMPOL Eddy Sumantri S.Sos.,SH dan IPDA Ashar S.Sos selaku Komandan apel.

Kegiatan Apel ini diikuti oleh peserta apel terdiri dari Anggota Babinsa Kodim 1411/Blk, Personel Bhabinkamtibmas, Personel gabungan Polres Bulukumba, Polsus Lapas, Satpol-PP/Damkar, Anggota Security dan perwakilan Awak Satkamling se-Kabupaten Bulukumba.

Apel Satkamling yang digelar Polres Bulukumba ini mengusung tema “Kita Tingkatkan Sinergitas Petugas Satkamling Guna Mewujudkan Situasi Kamtibmas Yang Kondusif Dalam Rangka Pemilu Serentak 2024.”

Pada kegiatan tersebut Waka Polres Bulukumba membacakan amanat serentak dari Kapolri, dirinya menyampaikan bahwa Apel yang dilaksanakan ini, merupakan salah satu Upaya Polri untuk mempercepat upaya revitalisasi Satkamling.

“Dengan upaya ini, dapat meningkatkan semangat dan mengoptimalisasikan peran awak Satkamling dan unsur terkait dalam mengembang fungsi kepolisian terbatas, guna memelihara Kamtibmas secara Swakarsa.” Jelasnya

“Tentunya berbagai dinamika tantangan yang ada harus kita hadapi bersama dengan mengedepankan kolaborasi dan partisipasi aktif Masyarakat.” Tuturnya

Lebih lanjut Waka Polres menyampaikan bahwa Polri saat ini terus mengembangkan potensi masyarakat melalui pengamanan swakarsa guna memperkuat sistem keamanan lingkungan, yang sejalan dengan program transpormasi menuju Polri yang Presisi.

Olehnya itu tambahnya, Solidiritas warga adalah kunci utama kesuksesan penyelenggaraan Satkamling serta harus senantiasa bersinergi dengan TNI-Polri dan Pemangku kepentingan lainnya, sehingga pelaksanaan tugas di lapangan dapat berjalan dengan Optimal.

“Satkamling ini akan bertugas sebagai garda terdepan di setiap lingkungan RT/RW pada kelurahan/Desa, yang mampu menjadi Early warning terhadap potensi kejahatan dan dapat melakukan tindakan pencegahan secara cepat sebagai bagian dari pemolisian yang Prediktif.” Ungkap Waka Polres

Diakhir amanatnya Waka Polres mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada seluruh awak Satkamling serta seluruh Stakeholder terkait lainnya yang telah membantu Polri menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungan.

“Kepada seluruh rekan-rekan awak Satkamling agar senantiasa berpegang teguh pada nilai norma dan etika pada setiap pelaksanaan tugas. Tugas yang diberikan ini merupakan suatu kehormatan yang harus selalu dijaga, karena Satkamling ini merupakan representasi kehadiran Polri di tengah Masyarakat.” Tutup Waka Polres KOMPOL Eddy Sumantri.

Pada kegiatan Apel Satkamling juga dihari oleh Ketua DPRD Bulukumba H.Rijal, S.Sos, Kepala Kajari Bulukumba Cahyadi Sabri SH.,MH, Kalapas Bulukumba Mut Zaini, AMD.I.P, S.Sos,M.Si, Kapten Inf.Asri Ahmad Pasi Ops/mewakili Dandim 1411/Blk, Muh.Arfan. S.TP Kakesbang Pol Kabupaten Bulukumba, serta Para PJU Polres Bulukumba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *