Mei 30, 2024

Blangko E-KTP Disdukcapil Sinjai Habis, Warga: Tahun Lalu Perekaman Sampai Sekarang KTP Belum Terbit

0

SINJAI—Kartu Tanda Penduduk (KTP) wajib di miliki bagi setiap warga negara Republik Indonesia yang sudah cukup umur sebagai bukti kewarganegaraan dan sebagai syarat segala bentuk kepengurusan administrasi.

Namun masih banyak warga yang belum memiliki KTP dikarenakan beberapa faktor. Salah satunya Padlia, warga Desa Saotengah, Kecamatan Tellulimpoe, Kabupaten Sinjai sejak tahun lalu sudah melakukan perekaman di Kantor Desa Saotengah dan sampai saat ini KTPnya belum terbit karena faktor ke habisan balngko e-KTP.

 

Andi Reza AR, Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Sinjai saat di temui di ruangan kerjanya
Selasa (1/8/2023) membenarkan bahwa balngko e-KTP habis.

“Iya benar kehabisan blangko e-KTP sejak bulan Juli 2023 kemarin,”katanya.

Kendati begitu, pihaknya mengaku sudah meminta ke pusat. Tapi kata dia, jumalah yang diusulkan kadang tidak memenuhi kuota.

“Jadi terkait kekosongan blangko sudah kita usulkan ke pusat, namun belum datang sampai hari ini dan kami belum bisa memastikan kapan sampa. Setiap kali pengusulan blangko tidak tanggung- tanggung namun terkadang yang datang cuma sekitar dua ribu keping,”sambungnya.

Pihaknya pun mengaku mulai menjabat sebagai Kadis Disdukcapil Sinjai  dari Bulan Mei sampai Juli sudah sekitar enam ribu KTP yang tercetak.

“Walaupun masih ada yang belum, namun kami berupaya dan prioritaskan yang sudah perekaman terlebih dahulu agar data lama tidak tertumpuk,” katanya lagi.

Mengenai surat keterangan perekaman juga pihak nya tidak dapat memberikan karena harus ada persetujuan dari pusat.

“Jadi solusinya bisa menggunakan Identitas kependudukan digital (IKD) sembari menunggu belangko,”imbubnya.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *