Mei 30, 2024

Perintisan Jalan 2.5 Kilometer Brigjen TNI Jauhari Pantau TMMD Bulukumba

0

BULUKUMBA—Ketua Tim Pengawasan dan Evaluasi (Wasev) TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-117 wilayah Kodim 1411/Blk, Brigjen TNI Jauhari Agus Suraji mengunjungi lokasi TMMD tersebut di Kelurahan Tanah Lemo, Kecamatan Bonto Bahari, Kamis, 3 Agustus 2023.

Jenderal bintang satu ini, tiba di lokasi TMMD, sekira pukul 09.00 Wita. Sebelum memantau perintisan jalan sepanjang 2.5 kilometer tersebut, ia disambut dengan tari angngaru dan tari paduppa.

Kunjungan Ketua Tim Wasev bersama rombongan, juga dihadiri oleh Bupati Bulukumba Andi Muchtar Ali Yusuf, Kasi Teritorial Korem 141/Toddopuli Letkol Arh Muh. Suaib mewakili Danrem, Forkopimda Bulukumba, beberapa pimpinan OPD, Camat, pimpinan Baznas dan sejumlah tokoh masyarakat.

Brigjen TNI Jauhari Agus Suraji dalam sambutannya melontarkan pujian untuk pemerintah daerah dan Forkopimda yang telah membantu menyukseskan pelaksanaan TMMD di Bumi Panritalopi.

“Terima kasih Pak Bupati dan jajarannya. Ini luar biasa, telah membantu pelaksanaan TMMD. Semoga ke depan masyarakat Bulukumba semakin maju dan modern,” ujarnya di Posko Satgas TMMD.

Ia mengemukakan bahwa di kawasan Indonesia Timur, ada banyak pemerintah daerah yang menginginkan agar daerahnya menjadi sasaran TMMD.

Hanya saja kata dia, pihaknya menetapkan berdasarkan daerah tersebut ada potensi yang dapat dikembangkan, serta akan memberikan manfaat bagi masyarakat baik secara ekonomi maupun peningkatan skill dan keterampilan masyarakat.

“Jadi saya sampaikan bahwa banyak daerah yang minta TMMD, tapi kita liat daerah mana yang punya tujuan untuk dicapai. Itu yang diprioritaskan,” tandasnya.

Bupati Bulukumba Andi Muchtar Ali Yusuf menyampaikan apresiasi atas totalitas personel Kodim 1411/Blk dalam TMMD. Ia menuturkan, TMMD sangat strategis membantu pemerintah daerah dalam membuka akses jalan lingkar sebagai bagian dari pengembangan sektor pariwisata, serta meningkatkan aksesibilitas warga di Kecamatan Bonto Bahari.

“Saya berharap jalan lingkar ini sudah dapat kita lalui pada saat pelaksanaan kegiatan nasional Puncak Gerakan Pembagian 10 Juta Bendera Merah Putih, di mana Bulukumba ditunjuk sebagai tuan rumah,” ujarnya.

Bupati yang akrab disapa Andi Utta, juga mengaku bangga atas soliditas anggota Satgas bersama warga, sehingga TMMD dilaksanakan dengan semangat kerja sama dan gotong royong bersama masyarakat dan stakeholder.

Menurutnya program TMMD sangat membantu pemerintah dalam melaksanakan pembangunan sarana fisik infrastruktur secara swadaya bersama masyarakat. Selain itu, program non fisik juga sangat bermanfaat bagi masyarakat, seperti pengobatan gratis, bedah rumah dan berbagai kegiatan penyuluhan kepada masyarakat setempat.

“Sinergitas pemerintah, TNI dan masyarakat, berbagai kendala yang dihadapi dapat kita atasi bersama dan insya Allah keseluruhan target dapat kita capai bersama,” tutupnya.

Kasi Teritorial Korem 141/Toddopuli Letkol Arh Muh. Suaib membacakan sambutan tertulis Danrem mengemukakan bahwa kegiatan Wasev TMMD ke 117 Kodim 1411/Blk TA 2023 menunjukkan betapa tingginya manfaat dalam mendukung kesejahteraan masyarakat, serta menunjang proses akselerasi pembangunan di pedesaan, baik dari aspek pembangunan fisik berupa rehabilitasi sarana prasarana maupun aspek pembangunan non fisik.

“TMMD akan dapat langsung dirasakan manfaatnya oleh segenap masyarakat terutama bagi kepentingan kemajuan wilayah pedesaan,” jelasnya.

“Dengan TMMD juga menumbuhkan kesadaran masyarakat dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, serta menumbuhkan kesadaran dan keinginan masyarakat guna meningkatkan kualitas hidup dan memperlancar roda perekonomian serta semakin mengeratkan kemanunggalan TNI dengan rakyat,” sambungnya.

Dansatgas TMMD ke-117 Kodim 1411/Blk, Letkol Inf. Kaharuddin Dj memaparkan progres penyelesaian dan pencapaian target TMMD.

Setelah posko anggota Satgas, Tim Wasev TMMD juga meninjau kegiatan sasaran fisik dan non fisik, serta pemberian sembako untuk warga yang kurang mampu di aula Kantor Camat Bonto Bahari.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *