Mei 28, 2024

Gerakan Nasional Pembagian 10 Juta Bendera, Wabup Edy Manaf : Tamu adalah Keberkahan

0

BULUKUMBA—Beberapa hari lagi kegiatan nasional Puncak Pembagian 10 Juta Bendera Merah Putih akan berlangsung di Tanjung Bira Kabupaten Bulukumba.

Sejumlah tamu undangan dari seluruh Indonesia akan datang menghadiri kegiatan yang digagas oleh Direktor Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia pada 11 Agustus 2023 mendatang.

Bahkan pada hari H, tiga rangkaian kegiatan yang akan dihadiri oleh Menteri Dalam Negeri RI Tito Karnavian selama berada di Bulukumba yaitu kunjungan ke kawasan Adat Ammatoa Kajang, kunjungan ke pusat pembuatan perahu Pinisi di Tanah Beru, serta seremoni puncak Gerakan Nasional Pembagian 10 Juta Bendera di kawasan wisata Tanjung Bira.

Wakil Bupati Andi Edy Manaf menuturkan, berkat kegiatan ini maka Bulukumba akan kedatangan tamu dari berbagai daerah.

“Dalam tradisi budaya kita, kedatangan tamu adalah sebuah keberkahan,” ujar Edy Manaf saat rapat persiapan di Pendopo Rujab Bupati, Selasa malam 8 Agustus 2023.

Olehnya itu, kata Edy Manaf, kita tentu merasa bangga dan menyampaikan terima kasih kepada Kemendagri atas ditunjuknya Kabupaten Bulukumba sebagai tuan rumah kegiatan nasional yang diharapkan memberikan efek positif pada sektor ekonomi di Bulukumba.

“Bayanngkan, minimal 1 juta kali 8 ribu orang saja belanjakan uangnya selama berada di Bulukumba, berapa milyar uang berputar di Bulukumba,” ungkapnya.

Efek lainnya atas kegiatan ini, tambah Edy Manaf, keberadaan Kabupaten Bulukumba khususnya obyek wisata dan budayanya akan semakin dikenal dengan kehadiran Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian.

Direktur Bina Ideologi, Karakter dan Wawasan Kebangsaan Kemendagri Drajat Wisnu Setyawan, yang sudah hadir di Kabupaten Bulukumba menyampaikan apresiasi dan respon atas kesiapan Pemda dan masyarakat yang sangat baik.

“Tadi waktu masuk di Bulukumba, kami disambut dengan iringan umbul-umbul yang berjejer sepanjang jalan protokol, sehingga kelihatan lebih semarak,” puji Drajat Wisnu.

“Sudah ratusan kepala daerah yang register bersama Kesbangpol dan para kabidnya dari seluruh Indonesia,” ungkapnya.

Selama acara berlangsung pihaknya mengharapkan pelibatan pelaku UMKM untuk menampilkan berbagai macam kuliner dan souvernir atau kriya.

Terpisah Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Bulukumba Andi Purnama Nur Indah menyampaikan terima kasih kepada Kemendagri atas pelaksanaan kegiatan nasional di Kabupaten Bulukumba.

Ia berharap kegiatan ini mampu mendongkrak sektor pariwisata Bulukumba di masa mendatang dengan kehadiran tamu dari seluruh Indonesia.

“Kita berharap dengan kegiatan ini, Bulukumba semakin dikenal terutama obyek obyek wisatanya yang menarik,” pintanya.

Untuk diketahui Gerakan Nasional Pembagian 10 Juta Bendera 2023 ini adalah tahun kedua digelar oleh Kemendagri. Tahun 2022 lalu, puncak kegiatan ini dipusatkan di Kota Merauke Provinsi Papua.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *