banner 728x250

PKK Halmahera Selatan, Kagumi Adat Budaya, dan Pembinaan PKK Bulukumba

banner 120x600
banner 468x60

BULUKUMBA— Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel), Maluku Utara, Hj Eka Dahliani Usman bersama puluhan pengurusnya mengunjungi Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan. Kunjungan ini, dalam rangka studi tiru di Butta Panritalopi.

“Terima kasih atas sambutan hangat. Kita adalah bagian dari satu keluarga besar PKK. Sebuah organisasi yang memiliki visi mulia untuk meningkatkan kualitas kehidupan keluarga di seluruh Indonesia,” kata Eka Dahliani Usman dalam sambutannya di depan para pengurus PKK Bulukumba dan Halmahera Selatan saat silaturahmi di Pendopo Rumah Jabatan Bupati Bulukumba, Selasa, 3 Oktober 2023.

banner 325x300

Eka Dahliani berpandangan bahwa kunjungan studi tiru di Bulukumba bertujuan untuk meningkatkan kualitas diri betapa pentingnya kerja sama satu sama lain dalam mencapai tujuan ini.

“PKK Bulukumba ini, telah menjadi contoh dalam banyak aspek. Termasuk pemberdayaan perempuan, peningkatan kesejahteraan keluarga, dan berbagai program sosial yang inspiratif,” ujarnya.

Ia bilang selain studi tiru, kunjungan ini juga diharapkan ada sharing pengetahuan dan pengalaman, sehingga banyak hal yang bisa dibawa pulang ke Halmahera Selatan.

Saat penyambutan, PKK Bulukumba menampilkan Tari Paduppa sebagai ciri khas penyambutan bagi setiap tamu yang datang dari luar. Menurut Eka Dahliani, tarian penyambutan ini sangat luar biasa.

“Kami melihat Bulukumba punya adat istiadat yang luar biasa. Agak ngeri juga, tadi saya disuruh maju ke depan, agak ngeri juga kalau ada pisau kecil yang ditikam-tikam di dada. Luar biasa, secara pribadi saya mengapresiasi adanya kebudayaan ini,” jelasnya.

Ia pun berharap bukan hanya hari ini dapat bersilaturahmi dengan PKK Bulukumba. Bahkan diharapkan membuka pintu-pintu lain di kabupaten yang ada di Sulsel agar bisa berkunjung ke Halmahera Selatan

“Halmahera Selatan juga punya laut yang indah, tapi belum terekspos seperti Pantai Bira. Semoga ke depan Halmahera Selatan punya pariwisata yang indah seperti Pantai Tanjung Bira,” kata Eka Dahliani.

“Sekali lagi kami menyampaikan komitmen untuk menjalin hubungan yang kuat dengan PKK Kabupaten Bulukumba,” jelasnya menambahkan.

Mewakili Ketua TP-PKK Bulukumba, Sekretaris TP-PKK Bulukumba Hj Hamrina memperkenalkan Bulukumba sebagai kabupaten berjuluk Butta Panritalopi atau tempat pembuatan perahu pinisi.

Plt Kepala Dinas Perikanan Bulukumba ini, berharap rombongan pengurus TP-PKK Halmahera akan merasa betah dan nyaman. Setelah menghirup udara Bulukumba, katanya, maka rasa lelah dari perjalanan panjang TP-PKK Halmahera Selatan akan hilang.

“Apalagi kalau sudah menginjakkan kaki di Bira. Saya yakin dua malam tak cukup. Semoga kami bisa juga melakukan kunjungan balasan,” katanya.

Hamrina menjelaskan, kepemimpinan Andi Herfida Muchtar sebagai ketua TP-PKK Bulukumba.

Ia menuturkan bahwa sudah banyak torehan prestasi yang diraup oleh TP-PKK Bulukumba, mulai tingkat provinsi sampai nasional. Sebab, istri dari Bupati Andi Muchtar Ali Yusuf itu, benar-benar menginginkan agar PKK tetap eksis, bahkan eksis turun ke masyarakat dan di desa-desa.

“PKK Bulukumba sudah banyak berkontribusi, termasuk strategi untuk meningkatkan peran kaum perempuan dalam pengelolaan kegiatan yang bernilai ekonomi dalam rangka menambah pendapatan keluarga, juga membantu pemerintah daerah dalam menurunkan prevalensi stunting,” imbuhnya.

Usai acara penerimaan, rombongan melakukan kunjungan kebeberapa sentra binaan PKK dan Dekranasda yakni Pengrajin Atap Konjo di Desa Tritiro, Pembuatan Kain Tenun di Desa Bira dan Tanah Toa Kajang, tempat pembuatan miniatur Pinisi serta Obyek Wisata Pembuatan Perahu Pinisi di Tanah Beru Kecamatan Bontobahari.

Ketua TP-PKK Kabupaten Halmahera Selatan bersama rombongan mengaku kagum dengan berbagai potensi serta keberhasilan pembinaan yang dilakukan.

“Ini patut menjadi referensi kami dalam upaya meningkatkan peran dan kontribusi PKK di tempat kami,” ujar Eka.(*)

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *