banner 728x250

Festival Pinisi Digelar Pekan Depan

banner 120x600
banner 468x60

 

Bulukumba,- Event tahunan pariwisata Kabupaten Bulukumba Festival Pinisi kembali akan digelar pada 25 sampai 27 Oktober 2023.

banner 325x300

Festival Pinisi tahun ini memiliki berbagai rangkaian kegiatan, diantaranya ritual adat Kajang Andingingi, ritual prosesi peluncuran perahu Songkabala Ri Bantilang, Ammossi dan Annyorong Lopi. Selain itu ada juga kegiatan Pinisi Sailing Lifetime Achievement, Festival Layang-layang, dan Lomba Mancing.

Kepala Dinas Parawisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Bulukumba, Feriawan Z Fahmi, menyampaikan bahwa Festival Pinisi 2023 akan lebih semarak dari kegiatan sebelumnya dengan adanya beragam rangkaian kegiatan.

Dikatakan rangkaian Festival Pinisi akan diawali dengan prosesi adat Andingingi di kawasan adat Kajang pada 25 Oktober 2023.

“Andingingi ini akan menjadi pengalaman budaya yang tak terlupakan bagi mereka mengikuti ritual adat Kajang ini,” ungkap Ferryawan, Selasa 17 Oktober 2023.

Tak hanya itu, panitia penyelenggara juga akan menyiapkan dua Kapal Pinisi mewah bagi para tamu undangan. Mereka akan diajak berlayar mengelilingi keindahan pelabuhan Bira sambil menikmati keajaiban matahari terbenam di atas kapal.

Rangkaian kegiatan lainnya adalah lomba Mancing, dimana peserta lomba akan naik kapal nelayan dari PPI Bontobahari menuju perairan laut untuk mencari keberuntungan mendapatkan tangkapan ikan dan akan kembali di pagi hari.

“Hasil pancingan peserta akan dinikmati bersama dalam sebuah Gala Dinner di pantai pasir putih Tanjung Bira pada malam puncak acara,” ungkapnya.

Sebagaimana tahun sebelumnya, Festival Pinisi ini juga masih mempertahankan upacara adat Songkabala Ri Bantilang Ammossi Annyorong Lopi yang akan dipusatkan di pusat pembuatan Kapal Pinisi, Kecamatan Bontobahari.

Kegiatan Festival Pinisi 2023 diselenggarakan lebih meriah tidak terlepas dari jumlah anggaran yang lebih besar. Tahun ini kegiatan tersebut didukung dengan anggaran sekitar 530 juta rupiah, dibandingkan dengan  300 juta rupiah pada tahun lalu.

Ferryawan berharap seluruh masyarakat Bulukumba akan bergabung dan memberikan dukungan penuh agar Festival Pinis berlangsung dengan sukses.

“Kegiatan ini akan sukses jika masyarakat Bulukumba turut mendukung dan berpartisipasi dalam pelaksanaannya,” pintanya.(*)

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *