banner 728x250

Persiapkan Sistem Satu Data Bulukumba, Diskominfo dan Persandian Gelar Coaching Clinik

banner 120x600
banner 468x60

BULUKUMBA—Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian Kabupaten Bulukumba melaksanakan Coaching Clinic dalam integrasi data statistik sektoral menuju Satu Data Bulukumba.

Coaching Clinic diikuti Admin Pengelola Satu Data dari seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan Bagian Sekretariat Daerah, lingkup Pemerintah Kabupaten Bulukumba selaku produsen data, yang dibimbing langsung oleh petugas dari Badan Pusat Statistik Bulukumba yang juga selaku Pembina Data.

banner 325x300

Coaching Clinic berlangsung pada Kamis -Jumat 19-20 Oktober di Ruang Media Center Diskominfo dan Persandian Jl. Kusuma Bangsa No.9 Bulukumba.

Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian Daud Kahal saat memberikan sambutan menyampaikan jika Diskominfo dan Persandian merupakan Wali Data dalam Struktur Pengelolaan Data Statistik Sektoral.

Daud mengatakan jika program Satu Data Bulukumba adalah merupakan Program Prioritas Bupati Bulukumba yang tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2021-2026 dan telah diperkuat dengan Peraturan Bupati Bulukumba Nomor 4 Tahun 2023 Tentang Penyelenggaraan Satu Data Di Daerah. Selain itu Smart City juga saat ini sedang dalam tahap perencanaan dan pelaksanaan kegiatan.

“Tahap berikutnya akan dilaksanakan sosialisasi sekaligus launching Satu Data Bulukumba oleh Bupati untuk selanjutnya Data yang telah terinput dalam Portal Satu Data Bulukumba dapat dibagipakaikan,” tandas Daud Kahal.

Melalui program ini, maka data yang ada pada portal Satu Data akan menjadi informasi yang dapat digunakan oleh masyarakat sebagai bagian dari informasi publik. Hal ini tentu sejalan dengan upaya transparansi penyelenggaraan pemerintahan khususnya prinsip keterbukaan informasi sebagaimana yang disyaratkan dalam Undang-undang Nomor 14 Tahun 2014.

Sementara itu Kepala Bidang Statistik dan Persandian Andi Eliz Indayani selaku Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan, mensinergikan program Satu Data sebagai Aksi Perubahan dalam kegiatan Pelatihan Kepemimpinan Administrator (PKA) yang dilaksanakan pada Pusat Pengembangan Sumberdaya Manusia (PPSDM) Kemendagri Regional Makassar, yang saat ini sementara diikutinya.

“Si Dara Bulukumba atau Integrasi Data Statistik Sektoral Menuju Satu Data Bulukumba menjadi Aksi Perubahan dan ini sangat terkait dengan program Bidang Statistik dan Persandian,” ujar Andi Eliz.(*)

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *