Mei 30, 2024

Dekranasda Bulukumba Akan Tampilkan Kain Bira pada Hari Jadi Kabupaten Bulukumba ke-64

0

 

Bulukumba,NS- Pengurus Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Bulukumba melakukan pertemuan dalam rangka mengkonsolidasikan rencana kegiatan pada peringatan Hari Jadi Kabupaten Bulukumba ke 64 tanggal 4 Februari 2024 mendatang.

Ketua Dekranasda Kabupaten Bulukumba, Andi Herfida Muchtar pada pertemuan di rumah jabatan Bupati Bulukumba, menyampaikan pentingnya Dekranasda untuk mempersiapkan berbagai hal untuk mengambil bagian pada momentum peringatan Hari Jadi Kabupaten Bulukumba, Kamis 11 Januari 2024.

Menurut Herfida, pihaknya harus bersinergi dengan kepanitiaan yang akan dibentuk oleh Pemerintah Daerah nantinya. Namun persiapan terkait hal-hal yang menjadi tanggungjawab Dekranasda sudah harus dipersiapkan.

Dikatakan, pada momen Peringatan Hari Jadi tentu kita harus menonjolkan aspek budaya lokal. Jika peringatan Hari Jadi Bulukumba sebelumnya memakai pakaian adat Kajang, mungkin sebaiknya pada tahun ini menggunakan kain tenun khas Bira warna hitam dengan motif atau corak yang bisa beragam.

“Kain tenun Bira juga memiliki ciri khas yang penting untuk kita perkenalkan sebagai bagian dari produk kerajinan khas daerah,” pintanya.

Olehnya itu, lanjutnya Dekranasda juga harus berperan atau mengambil bagian untuk menampilkan produk kerajinan pada kegiatan Pameran Pembangunan. Ini penting untuk lebih memperkenalkan produk dan binaan Dekranasda.

Selain itu program Dekranasda untuk melakukan kegiatan kebersihan akan kembali dilakukan. Program kebersihan lingkungan akan mulai pada hari Jum’at 12 Januari 2024, dan selanjutnya dilakukan senam bersama dalam rangka memperkuat kebersamaan dan kekompakan pengurus.

Terkait program Dekranasda Bulukumba lainnya Andi Herfida juga menyampaikan bahwa pada tahun ini Dekranasda berencana melakukan pelatihan membatik dengan menghadirkan instruktur dari Jogjakarta.

“Kita akan memberikan pelatihan keterampilan membatik kepada anggota binaan Dekranasda,” imbuhnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *